Optimalkan Perencanaan Anggaran, PA Bangkinang Ikuti Pendampingan Dan Penelaahan RKA-K/L Pagu Indikatif TA 2025 

rka0307241.jpg

Bangkinang | www.pa-bangkinang.go.id

Rabu (03/07/2024), dalam rangka penyusunan, pendampingan, dan penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) untuk pagu indikatif tahun 2025, Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung (BUA MA) menginisiasi pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini melibatkan seluruh sekretaris pengadilan tingkat pertama dari empat lingkungan peradilan di Indonesia, yaitu peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyusunan RKA-KL berjalan dengan baik dan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Pada kegiatan ini dilakukan penyesuaian mata anggaran keuangan dan memastikan perencanaan anggaran yang efektif dan efisien. Kemudian kegiatan pendampingan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai teknis penyusunan anggaran serta meminimalisir kesalahan dalam penyusunan anggaran di masing-masing satuan kerja.

rka0307242.jpg

Dalam sambutannya, Kabiro Perencanaan dan Administrasi MA.RI menyampaikan pentingnya perencanaan anggaran yang tepat dan akurat guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi peradilan. Beliau juga menekankan bahwa meskipun kegiatan ini dilakukan secara daring, diharapkan tetap dapat memberikan hasil yang optimal bagi setiap pengadilan tingkat pertama dalam menyusun RKA-KL.

Kegiatan ini diikuti oleh Kasubbag PTIP PA Bangkinang, Bapak Ardison, S.E., secara daring di ruang kesekretariatan Lantai I. Selama acara, Pak Ardison dan para peserta mendapatkan materi mengenai teknik penyusunan anggaran, analisis kebutuhan, serta cara mengoptimalkan penggunaan anggaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Sesi diskusi dan tanya jawab juga diadakan untuk memungkinkan para peserta berbagi pengalaman dan solusi terkait penyusunan anggaran.

rka0307243.jpg

Dengan adanya penyusunan dan pendampingan yang komprehensif, diharapkan anggaran tahun 2025 dapat disusun dengan lebih baik, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Pengadilan Agama Bangkinang secara maksimal. (ES/TimITPaBkn)